Twitter di Indonesia sedikit demi sedikit mulai banyak digemari, mungkin setelah sedikit bosan dengan Facebook, maka para netter (terutama mungkin pengguna Blackberry) pun mulai mencari alternatif komunikasi lain selain Facebook, dan Twitter menjadi pilihan yang memang banyak digemari. Tak hanya itu di televisi-televisi Indonesia  pun kita mulai menambahkan Twitter (Disamping Facebook dan YM) sebagai sarana komunikasi interaktif antara pemirsa televisi dengan acara yang sedang berlangsung.

Apakah Twitter itu? Sebuah pertanyaan sederhana, lalu apa bedanya dengan Facebook atau Friendster? dan  bagaimana cara menggunakannya?
Twitter adalah Miniatur Blog (Mikro Blogging)

Mikro Blogging adalah sebuah update singkat tentang sesuatu (entah itu sebuah kejadian, yang sedang dijalani atau berita update) yang disajikan dalam karakter singkat. Kalau anda pengguna Facebook, mungkin tak asing lagi dengan yang namanya Status Update, nah kegiatan utama di Twitter adalah tak jauh berbeda dengan status update tersebut. Dengan twitter anda bisa mengupdate status anda, sehingga para pengikut (follower) anda bisa mengetahui apa, dimana atau sedang apa anda saat menulis status tersebut.

Mikro Blogging telah menjadi alternatif bagi orang yang ingin sebuah blog tapi tidak ingin nge-blog. Sebuah blog pribadi akan berisi berbagai informasi yang penting yang memang layak untuk disajikan ke khalayak umum, namun kenyataannya tidak semua orang suka menulis yang panjang dan lebar atau menerangkan secara detil tentang sesuatu. Suatu waktu anda hanya ingin mengatakan pada teman-teman atau kalayak umum “Habis Nonton Film Transformer dan Ternyata Filmnya sangat mengesankan” Cukup seperti itu untuk mengungkapkan kekaguman anda pada film Transformer  dan  anda memang tidak berniat menulis ringkasan atau sinopsis film tersebut secara panjang dan lebar, seperti halnya yang banyak di bahas di Blog-blog.

Nah, Twitter pun hadir untuk kegiatan micro blogging seperti ilustrasi diatas, anda bisa menginformasi sesuatu secara singkat dan padat, tanpa perlu atau harus menjelaskan secara panjang dan lebar. Cukup subjek atau hal yang paling penting saja.
Twitter adalah sebuah Social Messaging

Dengan adanya kemampuan untuk mengikuti orang (Follow People) ataupun mempunyai pengikut (Follower) maka Twitter pun telah menjadi semacam social messaging, dimana kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang menjadi pengikut kita atau dengan orang yang kita follow. Dengan adanya Twitter kita bisa dengan cepat dan mudah berkomunikasi dan mengumpulkan orang atau teman-teman kita. Cukup kita update Twitter “Kumpul di Kampus jam 18.00”, maka semua orang (pengikut ataupun teman-teman) kita bakal secara serentak menerima informasi tersebut, dan akhirnya kegiatan kumpul-kumpul pun bisa terkoordinasi dengan baik.
Twitter adalah Penyampai Berita Singkat nan Cepat

Kalau anda mem-follow orang-orang terkenal atau sebuah stasiun televisi misal CNN, maka andapun akan menerima berita terkini dengan singkat dan cepat, sehingga anda bisa terus uptodate dengan berbagai berita dan kejadian dari seluruh penjuru dunia lewat Twitter.

Jadi, sudahkah anda menjadi anggota Twitter dan mempunyai follower atau mungkin anda jadi pengikut seseorang?

Trick Twitter : Cara Memberi Comment di Twitter

Twitter…. semua orang pasti sudah kenal yang namanya twitter, bahkan mungkin ada yang sudah sejak lama mempergunakannya yang tentunya sudah mempunyai follower yang banyak maupun following yang tidak sedikit.

Namun bagi anda yang baru menggunakan Twitter, tentunya mungkin sedikit bingung, Apa sih Twitter dan bagaimana cara kerjanya lalu siapa yang harus di follow? Info lengkap tentang apa itu twitter bisa di baca Apa dan Bagaimana Twitter itu.

Pertanyaan singkat sekarang, bagaimana cara memberikan comment di Twitter? Soalnya tidak seperti di Facebook dimana kolom komentar (entah itu berupa wall atau komentar pada status update) sangat mudah ditemukan dan digunakan, namun saat kita melihat profile seseorang di Twitter tidak ditemukan kolom komentar yang ada cuma statistik orang tersebut dan Timeline.

Untuk memberikan sebuah komentar di Twitter, anda bisa mencoba dua mudah cara berikut ini yakni mempergunakan fungsi @reply atau mempergunakan fungsi Direct Message, namun yang pasti sebelum anda mempergunakan kedua fungsi ini anda harus menjadi Follower dia, begitupun sebaliknya.

1. Fungsi @reply
Fungsi @reply ini bisa anda temukan pada profile Twitter seseorang, namun ada cara mudah mempergunakan fungsi @reply yakni dengan menulis langsung di box update anda sendiri. Cara mempergunakan fungsi @reply adalah tulis:  @username(spasi)komentar anda  dimana username diisi dengan username orang yang ingin anda berikan komentarnya. Sebagai catatan apa yang anda tulis dengan fungsi @reply  akan selalu ada di public timeline, itu artinya orang lainpun bisa membaca apa komentar anda tersebut. Komentar yang diberikan dengan Fungsi @reply akan bisa dilihat pada menu @username orang yang bersangkutan.

2. Direct Message
Bila anda ingin komentar anda pada seseorang di Twitter tidak dibaca oleh orang lain, anda bisa mempergunakan fungsi Direct Message. Fungsi Direct Message ini bisa anda temukan di menu “Actions” di kolom sebelah kanan profile seseorang. Anda tinggal klik Message (username orang) lalu anda bisa menuliskan komentar anda dalam 140 karakter. Kalau anda ingin lebih cepat memberikan Direct Message tanpa harus melihat profile seseorang, anda bisa mempergunakan box update anda untuk memberikan Direct Message pada seseorang, caranya cukup anda tulis : D(spasi)Username(spasi)Komentar

Contoh Direct Message: D Britney Hello apa kabar? Kapan konser lagi?

Ini artinya anda memberikan Direct Message ke seseorang bernama Britney, dengan catatan bahwa si Britney ini harus telah jadi follower anda. dengan memberikan komentar lewat Direct Message, komentar anda tidak akan tampil di Timeline anda maupun Timeline orang yang anda beri komentar, namun akan masuk langsung ke inbox Direct Message seseorang.