Tahun baru bisa menjadi ajang yang pas buat melakukan evaluasi dan perenungan diri dalam segala hal. Tidak terkecuali dengan masalah karir. Tentunya, semangat baru yang tengah menyelimuti diri Anda tersebut bisa menjadi pemicu bagi peningkatan karir Anda di tahun 2001 ini.

Guna peningkatan karir, mungkin Anda telah memiliki rencana panjang yang akan dilakukan tahun ini. Kendati begitu, tak ada salahnya jika Anda juga mengikuti beberapa petunjuk di bawah ini:

Melakukan kerja ekstra
Meski selama ini Anda merasa telah melakukan yang terbaik buat pekerjaan Anda, tidak ada salahnya jika sesekali Anda melibatkan diri dalam proyek bos Anda yang harus selesai di akhir minggu ini misalnya. Walau keterlibatan tersebut akhirnya meminta banyak waktu luang Anda, apa yang Anda lakukan tersebut positif, kok. Paling tidak, Anda telah menunjukkan sikap proaktif yang menjadi nilai tambah tersendiri di mata bos.

Buat skala prioritas
Sisihkan waktu untuk membuat daftar apa saja yang akan Anda lakukan tahun ini. Susunlah segala sesuatu yang akan Anda lakukan tersebut sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan. Karena dengan begitu Anda pun akan lebih fokus menjalani segala hal yang Anda inginkan tersebut.

Kembangkan diri
Banyak cara untuk mengembangkan diri. Melanjutkan sekolah misalnya, selain menambah pengetahuan dan keahlian Anda, bukan tidak mungkin akan meningkatkan pula posisi Anda di tempat kerja.

Bersikap realistis
Setiap orang pasti memiliki cita-cita dan harapan tertentu. Tapi, semuanya itu harus diimbangi dengan kesadaran akan kemampuan yang dimiliki. Pasalnya, jika tidak diimbangi dengan kemampuan, bisa-bisa cita-cita tersebut bukannya tercapai tapi malah mengundang rasa kesal pada diri sendiri.

Belajar dari pengalaman
Pengalaman tetap menjadi guru yang terbaik bagi peningkatan karir. Jika tahun lalu Anda kerap lalai dalam tugas sehingga sering kena tegur atasan, hilangkan kebiasaan tersebut. Berpikirlah yang positif terhadap segala jenis teguran atau koreksi, baik dari atasan maupun rekan kerja Anda. Ingat, jika tidak ada seorang pun yang memberitahukan kesalahan Anda, barangkali Anda tidak akan menyadari kalau apa yang Anda lalukan tersebut salah.

Kembangkan jaringan
Network, network, network. Jaringan kerja merupakan salah satu aset penting bagi peningkatan karir. Karenanya, jangan segan-segan memasarkan diri di setiap kesempatan. Karena, memang Anda sendirilah yang paling ahli dan tahu sejauh mana kemampuan yang Anda miliki.

Jaga reputasi
Reputasi tak ubahnya dengan citra diri. Sekali saja Anda melakukan hal negatif, bukan tidak mungkin perbuatan itulah yang terus melekat pada diri Anda. Karena itu, jangan sekali-sekali melakukan hal bodoh jika Anda tidak ingin dianggap bodoh, bukan?

Perbarui resume Anda
Kendati Anda tidak berniat hengkang dari tempat kerja Anda sekarang, bukan lantas Anda jadi tidak peduli dengan resume. Karenanya, perbarui terus resume Anda, bisa setiap tahun sekali atau setengah tahun sekali.

Selamat mencoba dan ingat pepatah ini, work smarter, not harder, lho. (berbagai sumber/eno)