Pertanyaan : Airsoft yang bagus itu seperti apa sih ?

Jawaban :

Perlu kita defenisikan kata-kata “ bagus” itu seperti apa..apakah bagus dari sisi :

– Kualitas  / Finisihing internal & eksternal partsnya ?
– Ketahanan /
durabilitas ?
– Mudah diupgrade atau tidaknya ?
– Kualitas tembakan kecepatan peluru ( Feet Per Second ) / grouping-nya ? / Jarak yang ditempuh
– Atau yang lainnya ? yang bagus itu karena dari sisi bentuk dan modelnya ?

Karena sebenarnya tidak ada jawaban yang benar-benar pas dengan pertanyaan seperti ini karena semuanya tergantung lagi dari pribadi masing-masing..apakah dari bentuk / model yang memang disukai ? atau karena tingkat ketahanannya ? atau mungkin karena FPSnya..

Kualitas

Buatan Jepang / Hong Kong / Taiwan rata-rata memiliki kualitas finishing yang rapih untuk internal maupun eksternal partsnya, tapi dari sisi harga cukup tinggi yakni sekitar 4 s.d 10 jt-an untuk masing-masing unitnya.

Ketahanan

Kualitas ketahanan sendiri sepertinya tidak ada perbedaan yang jauh dari Airsoft buatan Cina, karena saya sendiri sudah menggunakan Airsoft buatan cina selama 3 tahun dan sampai sekarang tidak ada masalah. Yang penting dilakukan maintenance ajah spt penambahan silicon oil ato diganti parts2x yang sudah jelek..spt bearing..karet hop up dll… Perbedaan Airsoft buatan Jepang / Hong Kong / Taiwan yang biasa disebut AJM / All Japan Made spt yang ada pada merek : G&P ,G&G, Tokyo Marui, King Arms, Western Arms, WE, dll dengan buatan Cina ( ACM / All China Made ) yang mereknya seperti : Jing Gong, CYMA, Dboys/Boyi, KART, AGM, dll. Rata-rata perbedaannya terletak pada :

1. Kompatibel atau tidaknya parts Airsoft buatan cina dengan parts-parts yang ada dipasaran. Parts-parts untuk jenis Airsoft buatan Cina agak jarang ditemukan kecuali parts yang dijual second hand atau istilahnya mutilasi / mutil. Kebanyakan dijual dipasaran saat ini adalah buatan Hong Kong / Jepang / Taiwan spt G&P, Tokyo Marui, Western Arms, WE, King Arms, G&G, dll.

2. Presisi karena Airsoft buatan AJM rata dibuat dengan detail dan mempunyai presisi yang tinggi. Presisi tinggi biasanya menghasilkan Kualitas FPS dan tembakan yang lebih baik..Ukuran Airsoft yang mirip spt aslinya karena memang dibuat semirip mungkin karena memang alasan utama Airsoft adalah kemiripan dengan aslinya ( replica )

3. Mudah di Upgrade, rata-rata buatan AJM memang lebih mudah diupgrade, arti “mudah” disini maksudnya karena dibuatnya sangat presisi jadi pada saat mengganti dengan parts upgrade, Airsoft AJM ini dapat menghasilkan upgrade sesuai dengan keinginan kita. Untuk ACM sendiri memang harus sedikit melakukan percobaan karena belum tentu kompatibel, tapi karena sudah banyaknya forum Airsoft baik di Internasional maupun di Indonesia kita pny banyak referensi untuk menupgrade ACM ini. Tapi sekarang ini buatan cina terus berkembang dan mulai bisa menghasilkan upgrade yang mirip dengan AJM.

4. Kualitas tembakan dari sisi kecepatan BB / peluru. Dulu rata-rata Out of the Box ( Airsoft baru dibuka dari kotak dan belum di upgrade ) dari buatan cina kurang lebih mirip spt buatan jepang, skitar 300 s.d 350 FPS tapi sekarang ACM jauh lebih berkembang karena FPS yang dihasilkan bisa sekitar 400 s.d 450, dimana dengan harga yang lebih murah dari AJM, ACM cina menghasilkan FPS yang lebih tinggi dari AJM sehingga tidak perlu melakukan upgrade, tapi tetap saja sebaiknya dilakukan pengecekan rutin dan dipastikan internal partsnya bekerja dengan benar.Jarak yang ditempuh dari sebuah BB kurang lebih sama antara AJM / ACM sekitar 20 s.d 25 meter range efektif..utk grouping karena perkembangan airsoft buatan Cina ( ACM ) sudah mulai berkembang jadi kualitas grouping juga mirip2x dengan buatan Jepang ( AJM ).