CAPE TOWN–MI: Pecinta sepak bola antusias menyambut event bersejarah itu dan mulai mengalir ke Soccer City empat jam sebelum acara dimulai. Kebanyakan dari mereka menggunakan bus yang disediakan di sejumlah titik tanpa perlu membayar karena sudah memiliki tiket masuk ke stadion.


Namun, karena kemacetan lalu lintas, tidak semua pemegang tiket bisa tiba sebelum acara digelar, sehingga masih banyak kursi yang kosong. Diperkirakan 70.000 orang memadati stadion yang sebenarnya berkapasitas 88.000 tempat duduk itu.

Rangkaian pembukaan Piala Dunia ke-19 atau yang pertama di Benua Afrika ini dimulai dua jam sebelum kick-off partai pertama antara tuan rumah dan Meksiko berlangsung. Diawali dengan akrobatik udara pesawat tempur, acara kemudian menyuguhkan berbagai atraksi tari dan nyanyian yang total melibatkan 1.500 orang.

Sebanyak enam lagu dari enam negara Afrika peserta Piala Dunia kali ini, yakni Afsel, Nigeria, Ghana, Kamerun, Pantai Gading, dan Aljazair dilantunkan. Peraih Grammy Award, R Kelly pun menyanyikan lagu Sign of Victory di depan penonton termasuk Presiden Afsel Jacob Zuma, Presiden Meksiko Felipe Calderon, Sekjen PBB Ban Ki-Moon, dan Presiden FIFA Joseph Blatter.

Tetapi ada yang kurang dalam acara tersebut karena ketidakhadiran Nelson Mandela. Tokoh anti-apartheid, mantan Presiden Afsel, dan figur kuat yang menggolkan negaranya sebagai tuan rumah Piaada Dunia 2010 itu batal hadir. Mandela masih berduka lantaran sang cucu, Zenani Mandela, 13, tewas dalam kecelakan mobil seusai mengikuti konser pra-pembukaan Piala Dunia di Soweto, Kamis (10/6) malam. (Jak/OL-8)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/06/12/148456/262/4/Pembukaan-Piala-Dunia-2010-Berlangsung-Meriah