Migrain merupakan penyakit umum yang diderita oleh mereka yang masih dalam usia produktif. Lha iya, saya ini kadang-kadang kalo telat ngopi juga sering sakit kepala, kalo orang jawa bilangnya “nyetet kopi” . Sampeyan juga pernah migrain kan? ada istilah keren buat mereka yang menderita migrain, namanya migraineurs. jadi kalo ada orang dekat sampeyan yang menderita migrain, panggil aja “ mbak mig atao mas mig”.gyahahaaaa..

Apa sih penyebab migrain?

Sebenarnya penyebab migrain belum diketahui secara pasti, namun para pakar kedokteran meyakini bahwa ekspansi pembuluh darah dan pelepasan berbagai zat kimia penyebab inflamasi merupakan biang kerok dari timbulnya penyakit yang mengganggu konsentrasi ini.

Serotonin dan dopamin merupakan salah satu dari bahan kimia yang menyebabkan migrain, padahal secara normal zat ini terdapat dalam otak, namun jika konsentrasi serotonin dan dopamin meningkat atau pembuluh darah menjadi lebih sensitif terhadap zat tersebut maka akan muncul ekspansi pembuluh darah sehingga timbul migrain.

Namun variasi individu sangat berperan penting dalam munculnya migrain, jadi suatu pencetus migrain bisa menimbulkan migrain pada suatu individu, namun belum tentu memunculkan migrain pada individu yang lain. Terus apa apa sih pencetus migrain ini?

* Beberapa makanan seperti cokelat, minuman beralkohol dan MSG bisa menyebabkan pusing pada sebagian orang. *MSG = monosodium glutamat banyak terdapat pada penyedap makanan, makanya ibu-ibu kalo masak seminimal mungkin menggunakan penyedap makanan.*
*Stress dan tekanan darah tinggi juga merupakan faktor resiko yang cukup berperan dalam migrain, makanya gak jarang migrain terjadi pada mereka yang mengalami tekanan mental.
* Pil pengontrol kelahiran juga menjadi pencetus umum migrain, wanita biasanya mengalami migrain pada akhir siklus pil, keadaan ini umum disebut sebagai estrogen-withdrawal headache.
* Rokok ternyata juga bisa bikin migrain lho. Ada yang pernah kebanyakan merokok sampek pusing gak?

Penanganan Migrain di Rumah.

Kalo emang belum parah banget, migrain bisa ditangani tanpa bantuan tenaga kesehatan koq, kalo pas migrain mungkin bisa dilakukan hal berikut:

* Gunakan kompres dingin pada area yang nyeri.
* Istirahat dengan bantal empuk yang bisa menyamankan leher dan kepala.
* Istirahat di ruangan dengan stimulus sensori yang minim (jauh dari keramaian dan cahaya berlebih).
* Gunakan obat tanpa resep dokter seperti aspirin, ibuprofen atau ketoprofen.
* Minum minuman yang banyak mengandung kafein.Wuuih, ngopi lagi ne ceritanya..

So, udah siap ne menghadapi migrain? Yang pasti udah pada siapin chlorophyll mint powder kan, ya dia satu2 nya di indonesia, chloropyll dalam sachet.
cukup dengan uang 120Rb anda mendapat kan 1 pack