JOHANNESBURG Kecepatan pemain-pemain Cile membuat pemain gelandang Brasil, Gilberto Silva, khawatir. Ia meminta timnya untuk melipatgandakan konsentrasi saat melawan tim besutan Marcelo Bielsa itu di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Senin (28/6/2010).

Cile memang tak bisa dianggap remeh. Sejak dibesut Bielsa, Cile meroket menjadi salah satu raksasa Amerika Selatan. Mereka mampu finis di posisi dua kualifikasi zona CONMEBOL. Mereka juga sukses meraih enam poin melawan Swiss dan Honduras di Grup H. Selain itu, Matiaz Fernandez dan kawan-kawan juga mampu merepotkan Spanyol pada pertandingan akhir, walau akhirnya kalah 1-2.

“Kami harus melipatkgandakan konsentrasi kami melawan Cile. Ini adalah pertandingan yang sangat berbeda dengan pertandingan melawan Portugal. Kami memiliki rekor yang baik melawan Cile, tapi itu hanya masalah waktu. Kami harus memperhatikan betul mereka sekarang,” kata Silva.

“Kami melihat mereka melawan Spanyol dan mereka bermain baik. Jadi, kami harus melipatkagandakan konsentrasi kami,” sebut Silva.

“Apa yang kami lihat adalah mereka bermain tanpa rasa takut dan mereka memiliki kecepatan yang baik. Kami harus mewaspadai serangan balik mereka karena mereka tahu cara mempraktikkannya dengan benar. Mereka tidak akan menunggu di belakang saja. Kami tahu kami tak boleh membuat kesalahan karena Cile sangat berbahaya,” lanjut Silva. (AFP)