Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri bagi seluruh umat Muslim dunia. Idul Fitri menandai kemenangan umat Islam di dunia setelah sebulan penuh berpuasa.

Obama juga memberikan donasi bagi korban banjir besar di Pakistan yang terjadi akhir Juli lalu dan menewaskan sekitar 1700 orang.

Perayaan Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan peringatan serangan teroris 11 September (9/11) terhadap dua menara kembar World Trade Center (WTC). Peristiwa serangan ini menaikkan sentimen negatif di Amerika pasca-rencana pembangunan masjid dan pusat budaya Islam dekat ground zero.

Perayaan ini pun diwarnai dengan aksi seorang pendeta sekte Dove World Outreach Center, Terry Jones, asal Florida yang berencana membakar Al-Quran dalam peringatan 9/11 ini.

Obama mengatakan perayaan umat Muslim ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan toleransi beragama. “Dan menghormati semua ajaran positif semua agama yang berperan dalam kehidupan Amerika,” kata Obama.

Terkait pembakaran Quran, Obama telah bersuara keras dan meminta Jones tidak melaksanakan niatnya itu karena hanya akan menguntungkan kelompok al-Qaeda. (Associated Press)
• VIVAnews